Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Tips Meningkatkan Peringkat Pencarian Video Anda Di Youtube Secara Efektif

Tips peringkat video youtube


SEO Youtube memungkinkan video Anda mendapat peringkat tinggi saat pengguna mencari video di youtube. Lantas, bagaimana cara meningkatkan peringkat pencarian video di Youtube? Baca artikel ini sampai selesai

Teliti dan pilih kata kunci potensial

SEO Youtube akan bekerja berdasarkan banyak algoritma yang berbeda, faktor, kata kunci dalam video juga merupakan salah satu faktor tersebut. Nah, tips pertama untuk meningkatkan peringkat pencarian video adalah meneliti dan memilih kata kunci potensial yang cocok untuk platform Youtube.

Untuk penelitian kata kunci, Anda dapat menggunakan alat pendukung. Beberapa alat penelitian kata kunci populer seperti Ahref, Perencana Kata Kunci Google, Alat Kata Kunci, SEMrush, dll. Anda juga dapat meneliti dan merujuk kata kunci dari saluran pesaing Anda dengan alat di atas.

Setelah Anda memiliki daftar, pilih kata kunci potensial yang cocok dengan topik video Anda. Utamakan kata kunci long tail dan harus terkait dengan konten video Anda. Ini adalah kata kunci dengan panjang lebih dari 3 kata atau lebih. Selain itu, disarankan juga untuk memulai dengan video dengan persaingan rendah hingga tinggi.

Optimasi dan pilih judul video yang menarik

Judul video adalah faktor yang membantu Anda menarik penonton dengan lebih baik. Oleh karena itu, faktor yang membantu meningkatkan peringkat pencarian video berikutnya adalah pengoptimalan - memilih judul yang menarik untuk video Anda. Dengan pengoptimalan judul, Anda perlu mengingat:

  • Panjang yang sesuai adalah 65 - 70 karakter (termasuk spasi). Namun, menurut statistik, panjang judul video teratas adalah sekitar 47 - 48 karakter. Hingga 100 karakter untuk judul.
  • Kata kunci harus ada di judul video.
  • Tidak perlu menambahkan unsur branding pada judul, sebaiknya fokus pada konten judul yang menarik dan mengandung kata kunci.


Tambahkan tag meta untuk video Youtube

Seperti halnya judul, deskripsi video juga menjadi faktor yang membantu meningkatkan peringkat pencarian video Anda. Dengan tag deskripsi, Anda perlu mengingat:

  • Tag deskripsi harus mengandung kata kunci, yang mencerminkan konten dalam video.
  • Ingatlah selalu bahwa tag ini untuk mendeskripsikan konten video, bukan untuk mengiklankan atau memberikan informasi promosi.
  • Minimal 2-3 kalimat dalam deskripsi, minimal sekitar 300 karakter termasuk spasi, Youtube memungkinkan Anda menulis deskripsi hingga 5000 karakter.
  • Harus menambahkan setidaknya 1 tautan dalam deskripsi.
  • Tambahkan Hashtag (#) untuk membantu pengguna, Youtube, Google, atau mesin telusur lain memahami video Anda. Hingga 15 tagar.


Catatan tentang transkripsi – subtitle video

Anda harus memahami bahwa algoritma Youtube tidak dapat memahami gambar atau video, hanya dapat membaca kode dan teks. Oleh karena itu, agar Youtube dapat memahami apa yang dikatakan video Anda, buat transkripsi dan subtitle untuk video tersebut. Di mana subtitle adalah konversi ke teks tentang apa video itu. Anda dapat melakukannya sendiri secara manual, atau menggunakan alat YouTube yang membantu Anda melakukannya.

Buat video dengan durasi yang tepat

Membuat video dengan panjang yang tepat juga akan membantu meningkatkan peringkat pencarian video di saluran YouTube dengan lebih efektif. Menurut statistik Briggsby, video yang berdurasi kurang dari 2 menit sering memiliki posisi rendah, sedangkan rata-rata durasi 5 posisi video pertama saat dicari adalah sekitar 11 menit. Oleh karena itu, Anda harus memulai dengan video yang berdurasi sekitar 10 menit atau lebih.

Tingkatkan RKT di hasil pencarian YouTube

RKT (Rasio Klik-Tayang) mewakili persentase pengguna yang mengklik video Anda di antara hasil pencarian yang tersedia. Untuk YouTube, RKPT tinggi berarti video Anda relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna. Untuk alasan ini, RKT juga merupakan faktor yang harus Anda perhatikan untuk peringkat pencarian video yang lebih baik.

Meningkatkan keterlibatan penonton pada video

Fitur Youtube yang cukup keren adalah memungkinkan pengguna untuk membuat komentar di bawah video. Oleh karena itu, libatkan lebih banyak audiens Anda untuk meningkatkan peringkat pencarian video Anda. Saat Anda melakukan promosi video di platform sosial media, atau lebih banyak berinteraksi dengan audiens artikel promosi tersebut.

Optimasi gambar mini – layar akhir

Thumbnail dan layar akhir video akan menjadi salah satu faktor yang dapat membantu Anda meningkatkan penayangan video, menambah waktu menonton penonton. Oleh karena itu, Anda harus kreatif dan memilih thumbnail video dan layar akhir yang efektif. Selain itu, Anda dapat menggunakan gambar dalam video sebagai thumbnail dan layar akhir.

Semoga Anda lebih mengerti tentang tips untuk membantu meningkatkan peringkat pencarian video Anda di Youtube dengan artikel ini.

Posting Komentar untuk "8 Tips Meningkatkan Peringkat Pencarian Video Anda Di Youtube Secara Efektif"