Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Cara SEO Blogspot Agar Ranking Pertama di Google



Website adalah "rumah" kedua dari bisnis Anda. Secara khusus, situs blog memiliki pengaruh penting terhadap kinerja bisnis dan menjaga perkembangan bisnis yang berkelanjutan.

Ada banyak blogger yang gagal memanfaatkan potensi marketing besar yang dibawa oleh blogging. Selain membuat artikel yang menarik, tetapi tanpa SEO, artikel Anda akan "mati" dan tidak diketahui siapa pun!

Pada artikel kali ini, Admin akan memandu secara rinci cara SEO Blogspot bagi Anda yang baru di bidang ini dan belum memiliki pengalaman SEO standar.

Apa itu Blogspot?

Blogspot atau Blogger – platform blogging populer yang dikembangkan oleh Pyral Labs. Pada tahun 2003, diakuisisi oleh Google pada tahun 2003 – memungkinkan pengguna untuk membuat web site gratis (dalam bentuk blog) dengan banyak fitur yang luar biasa.

Anda dapat membuat dan memposting artikel, gambar, atau video untuk memperkenalkan layanan/produk Anda.

Semua informasi setelah posting akan disimpan di Google dan muncul di bawah subdomain blogspot.com (misalnya: jossi-misi.blogspot.com). Atau bisa di-host di server/Domain pengguna. Oleh karena itu, kemampuan mengamankan informasi/data tergolong tinggi.

Blogspot adalah platform blogging paling populer

Mengapa Blogspot begitu populer?

Ada 3 alasan yang sangat kuat untuk memahami mengapa begitu banyak orang yang setia pada platform Blogspot, antara lain:

  • Sepenuhnya gratis: Ini adalah alasan terbesar mengapa seseorang memutuskan untuk memilih Blogspot. Semuanya gratis, kecuali Anda ingin membeli lebih banyak tema dari pihak ke-3.
  • Sederhana: Proses pembuatan Blogspot sangat cepat seperti Anda membuat akun Gmail atau Facebook. Hanya butuh beberapa menit untuk membuatnya dan Anda dapat menggunakan blog dengan lancar.
  • Cepat: Karena Blogspot dihosting di Google Cloud, menggunakan tema sederhana, blog Anda berjalan dengan sangat cepat.


Kekurangan Blogspot

Selain itu, Blogspot juga memiliki banyak batasan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan:

  • Deskripsi blog dibatasi hingga 500 karakter Tanpa kode HTML.
  • Ukuran maksimum saat mengunduh halaman adalah 1MB.
  • Secara default, jumlah gambar yang disimpan adalah 1Gb. Jika ukuran gambar < 800 x 800 px, tidak diperhitungkan dalam ruang penyimpanan. Jika Anda menggunakan akun Google+ untuk memposting foto < 2048 x 2048 px, penggunaannya tidak terbatas.
  • Hanya diperbolehkan mengunggah format video: file MPEG, QuickTime, AVI, Real, dan Windows Media.
  • Tidak mendukung alat seperti WordPress, untuk mengedit blog, pengguna harus memasukkan kode.

Secara keseluruhan Blogspot memiliki banyak fitur hebat, cocok untuk usaha kecil atau individu yang ingin memanfaatkan blog untuk mendukung bisnis mereka.

Dan di bagian selanjutnya, kita akan membahas cara SEO Blogspot yang efektif di sini!

13 Cara SEO Blogspot Agar Ranking Pertama di Google

Ketika berbicara tentang SEO, hal pertama yang perlu Anda ingat adalah: Kita dapat mengontrol faktor SEO Onpage dan SEO Offpage. Secara khusus, bagian SEO Onpage akan mencakup semuanya, termasuk: Artikel, cara optimasi untuk kata kunci, tag meta judul dan artikel.


Apa itu SEO On-Page?
Apa itu SEO Off-Page?

Agar Anda tidak bingung dalam hal SEO, Admin akan membantu Anda memahami cara optimasi Blogspot ramah Google yang sangat sederhana melalui 13 cara berikut:

Seo Blogspot dengan nama domain

Nama domain Anda yang mengandung kata kunci juga sangat membantu untuk melakukan SEO Blogspot.

Anda dapat memilih, net, com, id, dll, Selain itu, Anda harus membuat lebih banyak Subdomain untuk mendominasi kata kunci khusus.

Optimasi domain membuat SEO lebih mudah

Seo Blogspot dengan direktori

Sebagian besar situs web ketika dibangun memiliki halaman Beranda, halaman Tentang, halaman Produk / layanan, dan halaman Kontak. Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan kata kunci terbaik yang terkait dengan niche Anda.

Anda harus perhatikan: Setiap blog harus memiliki label tertentu sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari dan memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh: Saat mengakses blog Jossimisi, pengguna dapat memilih ke bagian terkait seperti: SEO, Marketing, Bisnis... Berdasarkan link tersebut akan menarik Google dan Sitelink.

Sitelinks akan mendukung SEO dengan sangat efektif, setiap kata kunci dalam artikel Blogspot setelah diindeks ke Sitelink akan mencapai peringkat yang sangat tinggi.

Format URL posting Blogger

Permalink memainkan peran penting dalam peringkat posting di hasil pencarian. Ada beberapa aturan yang harus diikuti setiap orang saat mengoptimasi URL:

Batas karakter dalam judul posting adalah 50.
Saat membuat posting blog, Anda memiliki opsi untuk mengedit link permanen. cara yang baik adalah hanya menggunakan Kata Kunci Utama di URL.

Pertahankan kepadatan kata kunci

Kepadatan kata kunci merupakan aspek penting untuk peringkat yang lebih baik. Terlalu sedikit akan menyebabkan peringkat yang lebih rendah.

Admin merekomendasikan agar Anda mempertahankan tingkat 2% dari setiap posting Blogspot dengan kata kunci LSI(Latent semantic indexing). Anda dapat memilih kepadatan kata kunci untuk SEO Blogspot Anda, asalkan yang paling cocok.

Harus menjaga kepadatan kata kunci dalam artikel adalah 2%
Jangan pernah memasukkan kata kunci untuk memanipulasi mesin pencari. Setelah menyelesaikan artikel, Anda harus meninjau untuk menemukan posisi penyisipan kata kunci yang tepat tanpa mengganggu pembaca.

Tag sesuai dengan postingan terkait

Tag (Label) di BlogSpot meningkatkan kepadatan kata kunci postingan. Tag harus lebih luas daripada menempatkannya dalam kategori yang sempit.

Admin akan menjelaskan ini dengan sebuah contoh: “Dalam situasi di mana Anda memposting tentang Google Chrome dan memasukkannya ke dalam tag browser atau perangkat lunak Windows Anda. Anda akan menghilangkan kata kunci seperti browser Chrome, Google chrome… selain itu akan meningkatkan kepadatan kata kunci dari keseluruhan artikel.

Tag juga mempengaruhi widget posting terkait di Blogger. Jika terlalu banyak artikel dengan label yang sama akan mempengaruhi susunan artikel terkait.

Format judul posting

Ketika kita berbicara tentang cara SEO Blogspot, judul posting memainkan peran yang sangat penting. Tanpa optimasi judul yang baik, akan sangat mempengaruhi SEO-friendly serta klik dan peringkat artikel di mesin pencari.

Untuk format judul posting standar, buka edit HTML Blogger => cari kode: title><data:blog.pagetitle/></title> dan ganti dengan:

<b:if cond= ‘data:blog.pageType == “index”‘>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Format gambar

Dasar untuk mengoptimalkan gambar di BlogSpot adalah dengan menambahkan tag ALT dan tag judul ke setiap gambar.

Di WordPress, ini sepenuhnya mudah karena ada fitur dukungan yang tersedia. Namun, untuk gambar di BlogSpot, Anda harus melakukannya secara manual. Setelah Anda mengunggah foto, saatnya untuk mulai mengoptimasi.

Berikan tag meta

Meta tag adalah tag HTML yang dihasilkan oleh mesin pencari untuk menentukan judul URL, deskripsi, dan detail lainnya. Mereka tidak memiliki banyak dampak pada pencarian seperti dulu, tetapi akan berdampak kecil pada kata kunci yang ditargetkan.

Berikan judul, deskripsi, dan teks footer yang tepat

Header, footer dan deskripsi memainkan peran penting dalam optimasi mesin pencari dari setiap halaman blog. Jika Anda menargetkan beberapa kata kunci, Anda harus memastikan untuk memasukkan kata kunci tersebut di tempat yang tepat.

Tautan eksternal Nofollow

Nofollow adalah atribut HTML dan terletak di tag halaman atau tautan, berfungsi sebagai pemberitahuan kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tertentu.

Dengan cara SEO Blogspot , Anda dapat memilih bagian HTML dari postingan dan menambahkan atribut rel="nofollow" tepat setelah URL untuk mencegah mesin telusur merayapi tautan ini.

Gunakan Banyak Backlink

Ada banyak cara untuk membangun Backlink dengan cepat seperti: Kirim kategori, posting forum, komentar blog.

Semakin banyak Backlink berkualitas yang Anda buat dari sumber tepercaya dan mengarah ke situs web Anda, semakin cepat Anda bisa naik ke puncak.

Ada 3 prinsip penting yang perlu Anda ingat: Relevansi artikel, penempatan tautan, dan kualitas situs tempat tautan ditempatkan.

Jangan mencoba membangun terlalu banyak Backlink yang tidak berarti, karena akan menjadi bumerang dan mempengaruhi kredibilitas blog Anda di mata Google.

Membangun banyak Backlink berkualitas akan membantu Google menghargai Blogspot Anda

Format komentar

Di bagian komentar Blogspot, tambahkan kata kunci posting Anda saat Anda membalas komentar pembaca Anda. Ini juga ditambahkan ke kepadatan kata kunci total artikel tersebut.

Kembangkan saluran media sosial

Selain berfokus pada posting Blogspot, bangun banyak saluran Media Sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter dan bagikan artikel Anda secara rutin akan meningkatkan jangkauan Anda untuk mengeklik pengguna untuk meningkatkan lalu lintas lebih banyak dan meningkatkan peringkat pencarian.

Kesimpulan:

Menerapkan 13 cara di atas untuk SEO Blogspot akan membantu peringkat Blogger Anda lebih tinggi di SERP dan meningkatkan tingkat konversi pelanggan => meningkatkan ROI lebih tinggi.