Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Habis

BATERAI LAPTOP

Merawat component Laptop itu memang gampang-gampang susah, namun tergantung dari diri kita juga  bagaimana cara pemakain dan perawatannya.
Salah satu component  dari Laptop yang paling penting ada pada baterainya.


Baterai perangkat memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang punya aktifitas tinggi,
salah satu contoh untuk ngerjain tugas, browsing sambil ngerumpi bareng teman-teman, ataupun iseng - iseng buat nulis atau baca ngetik seperti  yang saya  lakukan sekarang ini.

Baterai juga sama seperti component - component lain yang istilahnya punya umur masa pakai, biasanya masa pakai baterai laptop kebanyakan berkisar 2 sampai 3 tahunan aja, kalaupun ada yang lebih dari itu, anggap aja itu hanya bonus heheee...

Oke, Sebelum saya  kasih cara untuk merawat baterai laptop agar masa pakainya bisa tahan lebih lama, saya ingin beritau beberapa hal yang terkadang tidak kita sadari dapat memperpendek usia baterai laptop kita gaesss.
Oke tanpa banyak basa basi langsung saja saya mulai gaeesss



Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

1. Penggunaan laptop secara berlebihan.

Laptop tidak didesign untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama seperti untuk kebutuhan grafis, editing, ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan-kebutuhan yang membutuhkan resource besar seperti tadi, maka akan mengakibatkan konsumsi daya menjadi lebih tinggi, dan akan lebih cepat mengakibatkan baterai menjadi panas, efek panjangnya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasitas penyimpanan daya baterai itu sendiri.

2. Jangan membiarkan daya baterai hingga 0 persen.

Menggunakan laptop hingga baterai 0 persen dapat meningkatkan wear position pada baterai, dan juga dapat memperpendek usia baterai dari laptop itu sendiri karena component-component yang tadi bekerja saat laptop digunakan, tiba-tiba mati karena kehabisan daya dari baterai.

3. Cabut adaptor ketika daya sudah 100 persen.

Membiarkan laptop terus dicarg dalam kondisi baterai 100 persen juga tidak baik dampaknya terhadap baterai, karena dapat mengurangi usia baterai.

Oke, sekarang kita sudah tau hal-hal yang dapat mengakibatkan berkurangnya kapasitas penyimpanan daya baterai pada laptop kita.

Sekarang kita memasuki acara yang ditunggu-tunggu, kita langsung saja bahas bagaimana cara menjaga baterai laptop agar awet muda dan tahan lama, langsung saja.

Tips Supaya Baterai Laptop Tahan Lama

1. Jangan menggunakan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk, misal diatas kasur, ataupun bantal.
Hal tersebut dapat mengakibatkan baterai laptop menjadi heat.

2. Charger laptop dalam keadaan mati, sampai baterai penuh.

3. Gunakan stabilizer untuk menjaga supaya tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil, hal itu dapat membantu menghindarkan dari tegangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.

4.Jangan membiarkan daya baterai hingga 0 persen, jika baterai sudah limit segera charge.

5. Lakukan completely discharged secara teratur, dan juga jangan terlalu sering, semisal sebulan sekali.

Kira-kira begitulah sedikit Tips dari saya cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet muda dan Tidak Cepat Habis.

Karena berhubung sudah malam dan saya sudah ngantuk berat, maka artikel kali ini saya cukupkan sampai disini saja yah, lain kali bisa disambung lagi kalo ada waktu.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Habis"